Home » , » Peran Manusia Dalam Ekosistem

Peran Manusia Dalam Ekosistem



Manusia adalah makhluk hidup yang diberi akal dan pikiran oleh Tuhan yang Maha Esa,sehingga manusia mempunyai banyak peran dalam lingkungan sekitarnya baik itu peran baik atau bahkan peran buruk.Manusia dapat bertindak sebagai pemelihara dan pembangun ekosistem atau hanya perusak ekosistem.

Ekosistem dibentuk dari dua komponen yaitu biotik dan abiotik, manusia hendaklah memelihara kedua komponen tersebut agar kehidupan manusia dibumi tidak terganggu sebab jika satu ekosistem saja hilang atau rusak maka akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia,misalnya banjir,kekeringan,dan tanah longsor terjadi karena ekosistem hutan telah hilang atau rusak.

Manusia berperan juga sebagai pengambil manfaat dari ekosistem sehingga manusia dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya secara berkelanjutan. Pengambilan manfaat ini juga harus didasarkan pada kelangsungan ekosistem artinya manusia mengambil manfaat tanpa merusak ekosistem agar manusia dapat memperoleh manfaat dari ekosistem secara terus menerus.

Secara keseluruhan peranan manusia dalam ekosistem adalah:
1.memelihara dan melestarikan ekosistem
2.mengambil manfaat dari ekosistem

Karena manusia merupakan komponen biotik dalam sebuah ekosistem yang memiliki peranan dan tanggung jawab untuk mengelola ekosistem. Maka harus bisa menjaga dan melestarikan ekosistem tersebut demi kesejahteraan hidup bagi manusia ataupun tumbuhan serta hewan yang lainnya.

Sedangkan sebuah ekosistem juga bisa mengalami perubahan, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung dan tinggal cara kita untuk menjaga agar tidak mengalamiperubahan. Perubahan dalam ekosistem itu bisa terjadi akibat dari:
a. Pengaruh dari alam
contoh:
-    angin ribut
-    gempa bumi
-    banjir dan tanah longsor

b. Pengaruh dari tindakan manusia
contoh:
-    penebangan hutan secara liar
-    penggunaan bahan bakar yang berlebihan
-    pemburuan terhadap hewan liar
-    pemberantasan hama dengan pestisida.


0 komentar:

Poskan Komentar